Kamis, Desember 06, 2007

Forgiveness

Beberapa hari lalu di Seputih Cahaya Rembulan ada sebuah quote menarik yang memorable banget dan meng-kick diri gue.

Bibi Achua ceritanya baru pulang dari Hua Lian dan baru mendengar ceramah Master Cheng Yen di juge ter-kick dengan ceramah yang mengatakan bahwa : Manusia selalu memilih untuk berbuat baik dengan orang yang berbuat baik juga kepadanya tapi tidak dengan orang yang berbuat jahat kepadanya. Kurang lebih begitulah.

Secara pemikiran awam, siapa sih yang mau berteman dengan orang yang udah berbuat jahat ama kita. Orang dia aja gak punya niat buat baik ama kita, ngapain kita berbuat baik ama dia.

Tapi gue ter-kick, secara tiap kali berdoa Bapa Kami selalu ada kata : “Ampunilah kesalahan kami seperti kamipun mengampuni orang yang bersalah kepada kami”, hm...gue minta ampun ama Tuhan tapi seberapa sering gue ampunin orang yang bersalah sama gue ? Kalau kita nggak ampunin kesalahan orang lain bagaimana Tuhan mau ampunin kesalahan kita ? kalau kita mengampuninya 0% berarti Tuhan juga akan mengampuni kesalahan kita sebesar 0%.

Gue juga terkick, seberapa sering kita bilang si A suka milih-milih temen, cuma mau main ama ayng berduit, cuma mau main ama yang pinter, cuma mau main ama yang ini, yang itu. Tapi kadang kita gak sadar kita HANYA mau berteman ama orang yang mau berteman baik dengan kita.

Ssuatu yang harus direnungkan

2 Comments:

Anonim said...

Hi Pak/Mas Boris :)
saya dapat link ini dari blog DAAITV, jadi bukan nyasar tapi sengaja "nyasar" karena ingin liat blognya :)

Post "Forgiveness" yang bagus sekali, semoga kita bisa semua semakin mendekatkan diri kita ke arti Ketuhanan dan Kemanusiaan yang sebenar-benarnya.

Yang sudah "nyasar" bukan nya Pak/Mas Boris saja, banyak juga termasuk saya, dan positifnya kita bisa bersama-sama membangun Indonesia eh... gimana kalo dunia untuk menjadi semakin baik hehehe..

Jari dikepal kencang dan dihentak kencang untuk Pak/Mas Boris :)

Sen.

Boris said...

Saya masih 21 tahun pak hehehe...terima kasih atas kunjungan yang 'nyasar' :) dan commentnya. 'Go humanity' kaya katanya Da Ai Admin.