Sabtu, Desember 22, 2007

DongZhi Festivals

Hari ini orang Tionghoa seluruh dunia merayakan yang namanya DongZhi. Kasarnya buat dan makan yang namanya onde-onde ketan He..he..perayaan ini dirayakan tiap tanggal 22 Desember kalo di seluruh dunia. Jadi intinya apakah tujuan DongZhi itu, menurut god Wiki juga sih katanya hari ini tuh permulaan term ke - 22 matahari, gak ngerti deh hal-hal yang berbau astronomi pokoknya + perayaan akhir musim panen.

Nah untuk merayakan DongZhi itulah maka orang chinese dulu buat yang namanya TangYuan alias onde-onde ketan. Karena udah selesai panen, semua keluarga kumpul di rumah sambil makan onde warna pink dan putih sebagai tanda persatuan keluarga dan keberuntungan. Wiki kalo keluarga gue bilangnya karena onde itu bentuknya bundar jadi sebagai simbol kalo taon depan semuanya lancar dan mulus kaya onde wkakaka.

Dari kecil kalo udah yang namanya bikin onde gue cukup excited, kuku (baca: cici-nya bokap) gue yang tinggal sama gue sore hari tanggal 20 Desember udah nyiapin 3 adonan onde dari 1 bungkus tepung ketan, diwarnai merah, hijau dan putih. Merah dari sepuan merah dan hijau dari air daun suji. Nah mulailah proses pemulungan gue nggak pernah ikut mulung tapi selalu lihatin kalo lagi mulung, menarik aja hehehe. Besokan paginya kita makan onde-onde itu yang dimasak pake air gula atau kadang dipake jahe. Rasanya biasa aja sih tapi the cultural pointnya mbuat gue tertarik. Ada juga yang dibuat asin, walaupun keluarga gue ngak pernah bikin tapi mungkin karena gak terbiasa jadi gue sendiri sih bayanginnya aneh.

Photobucket
Semangkok Onde

0 Comments: