Minggu, Desember 23, 2007

Bargaining Power Pembuat Kue

Dari sejak masuk Binus sampe sekarang udah mau lulus, kata-kata Bargaining Power ama Competitive Advantage selalu diajarin sampe-sampe kadang ngerasa tuh 2 kata dicuci ke otak gue hahaha...Tapi tadi waktu lagi mandi (yeah emang gue kadang suka mikirin bisnis kalo lagi mandi haha) gue jadi teringat betapa pentingnya bargaining power itu. Kalo kita sebagai penjual/produsen punya bargaining power yang tinggi, maka siapapun bakalan cari produk kita (ya iyalah..kemana aja lo bor baru sadar) yeah gue udah sadar itu dari dulu tapi pengertiannya lebih dalem karena gue inget pembicaraan gue, nyokap, bokap dan kuku gue kemaren siang tentang balada hubungan si penjual dan pembuat kue di pasar pejagalan.

Jadi pasar pejagalan itu ada yang didalam bangunan dan ada yang diluar, didalam konon katanya (kaya lagunya Alam wkaka) para penjual kuenya sepakat untuk tidak menjual kue yang dijual oleh penjual lain, dalam kata lain 1 jenis kue dari 1 pembuat kue hanya boleh dititipin ke 1 orang penjual dan gak boleh dijual ke penjual lainnya. Nah gue mulai pikir tuh penjual bargaining powernya gede banget sampe bisa kaya gitu, coba kalo kuenya terkenal dan enak, apakah tuh penjual bisa kaya gitu ? Perumpamannya kaya gini :

Skenario 1 : Bargaining Power di Penjual

Pembuat : Eh, ci gimana jualannya laku ?
Penjual : Oh...lumayanlah

Pembuat : Eh..tau gak sih, si nci itu bla...bla...
Penjual : Ah ? Masa sih ? iih..gak nyangka

LHO KOK JADI GOSIP, biasa ibu-ibu sebelum jualan gosip dulu wkakaka, jayus ya

Pembuat : Gue mau coba nitip kue di tempat lo ya bisa gak, ya baru mau coba bikin sih
Penjual : Oh...bisa tapi lo jangan nitip di tempat lain juga ya
Pembuat : Lho..knapa ?
Penjual : Ya...kalo gitu nanti pada beli ditempat orang lain nggak ditempat gue
Pembuat : Ooh..gitu ya, ya udah deh

Skenario 2 : Bargaining Power di Pembuat

Pembuat : Wah...banyak nih yang beli
Penjual : Iya
Pembuat : Eh...ternyata si itu begitu lo...
Penjual : Ah...basi lo itu mah gue udah tau dari dulu...sama si itu kan ?
Pembuat : bukan ama yang lain
Penjual : Ah masa sih ? Ceritain dong

TETEP GOSIP JUGA

Pembuat : Eh. Ngomong-ngomong gue nitip kue di tempat lo ya bisa gak ?
Penjual : Oh...ok
Pembuat : Tapi gue juga nitip di tempat lain lo nggak cuma di lo doank
Penjual : Wah...janganlah kalo gitu
Pembuat : Ya terserah sih, kalo lo gak mau, lo kan tahu kue gue enak (SOMBONGNYA)
Penjual : Ya udahlah kalo gitu gapapa

Nah dari 2 cerita gak jelas diatas bisa dilihat bahwa kalo mau bargaining power yang kuat maka kita harus menyebarkan gosip yang baru dan fresh ke penjual buat sebuah barang yang punya nilai lebih, berkualitas yang membuat si pembeli ato reseller itu jadi gak ada pilihan lain kecuali beli barang kita. Toh ternyata bener pemikiran gue, ternyata ada 1-2 pembuat kue yang dengan berhasil mensupply kue ke banyak penjual ya karena itu kuenya enak dan berkualitas.

Kesimpulannya, one day kalo impian gue itu berhasil, prinsip si pembuat kue dan si penjual kue akan gue inget terus yaitu menyebarkan gosip hahaha.

0 Comments: