Selasa, Januari 15, 2008

Observation : Bookstore

Waktu ke Gramedia kemaren ada beberapa hal yang menarik untuk gue perhatikan :
1.Ada buku berjudul “The Secret Book : of MLM” covernya 100% njiplak “The Secret”
Nggak lagu, film, sinetron. Cover buku juga di jiplak.

2.Ada buku dan majalah yang nulis gede-gede di covernya “Harry Potter : Sumber Terang atau Kegelapan ?”
Untuk apa Harry Potter dihubungin ama kegelapan dan terang, just enjoy the book, untuk hiburan buat apa dianggap serius......

3.Ada seorang anak cowok SD dan kedua orang tuanya, si ibu sibuk nyariin buku matematika untuk si anak sedangkan si ayah nanya ke si anak “kok gak beli komik ?” wkaka...si ibu lalu bilang “Orang mau beli buku matematika, sini ini dulu lebih penting” Lalu si ibu mulai sibuk melihat buku matematika.
Kalo inget pelajaran waktu sekolah dulu rasanya males banget sama jaman-jaman sekolah..matematika, ipa, bahasa, berjam-jam duduk dengerin guru ngomong, dough rasanya bete banget jaman-jaman itu. Gak lagi pengen ngalamin masa itu, tapi kalo inget serunya anak-anak di jaman itu ada keinginan sih untuk kembali tapi nggak pelajarannya.

4.Ada seorang ibu dan anaknya cowok usia SD di bagian kamus dan buku untuk belajar bahasa inggris. Dengan ngomong bahasa Jawa yang gue ngerti samar-samar si anak mau belajar bahasa inggris dan si ibu cuma bilang kalo mau belajar yang bener yah..lalu buku itu dibuka dan membaca beberapa vocabulary.
Mereka sepertinya pendatang dan baru di Jakarta, not so rich family, tapi it touches me. Setiap kali lihat orang yang niat belajar dan orang tua yang mau bayarin anaknya untuk belajar, gue selalu buat gue ter-kick. So..sweet

5.Ada 3 orang cewek SMP-an di rak bahasa Jepang, mereka lalu mulai buka-buka buku dan mulai bercuap-cuap bahasa jepang dari buku yang mereka baca satu kata demi satu kata.
Sampai sekarang gue masih bingung, what makes people like to learn Japanese ?Apa karena komik, dorama, dan kartun kah ? Karena dari segi bisnis dan kerjaan kayanya cuma perusahaan jepang yang perlu deh.

6.Ada beberapa buku yang menampilkan wajah si penulis di covernya padahal gak ada yang kenal ama dia + ada sebuah buku tentang nama bayi-bayi dengan cover si bayi dengan santainya selonjoran, gak lucu dan agak norak
Hm...ternyata banyak juga orang narsis sampai foto pun dipajang di cover buku, termasuk pengarang buku anak bayi itu yang mungkin itu bayi anaknya sendiri.

0 Comments: