Jumat, November 09, 2007

My First FreeLance Job Part.1

Awalnya sih gue cuma iseng-iseng ngelihat jobs ad di Binus Career lalu ada lowongan data entry di perusahaan saham. Wah..perusahaan saham.Gue lalu langsung apply di webnya.

Kurang lebih seminggu, tepatnya minggu kemaren, disore hari yang tak terduga, gue ditelepon seorang ibu yang bilang kalo gue udah bisa mulai kerja besok karena mereka membutuhkan orang cepat karena ada yang mau go public besok. Gue agak bingung sih soalnya mendadak banget. Ibu N bilang kalo besokannya hari senin gue disuruh dateng ke SemanggiExpo jam setengah 8 pake pakaian formal. Kerjanya Senin ampe Kamis. Wah hari rabu gue pikir ada kuliah cism kuis + presentasi lagi. Kalo gue tinggal repot, lalu gue bilang kalo gue bisa tapi off di hari rabu. Dia bilang bisa, eh tapi gue inget lagi hari selasa ada konsultasi, waktu gue bilang gitu dia bilang kalo berarti gue nggak bisa ikut, dengan menyesal gue harus nerima itu dan tutup telepon.

Abis itu gue mikir lagi, kalo gue gak ambil nih kerjaan gue bakalan nyesel abis, disaat orang sulit nyari kerja lo nyia-nyiain ini. Gue mikir lagi, sepertinya bisa kalo konsultasi skripsinya gue pindahin ke hari rabu. Gue lalu telepon lagi perusahaan itu dan ternyata masih bisa, jadilah gue 3 hari Senin-Selasa-Kamis. Selesai masalah pertama, masalah kedua gue gak tahu dimana Semanggi Expo, akhirnya setelah bertanya ama A, gue ama bokap naik mobil nyari tuh tempat. Akhirnya ketemu, dan gue mutusin buat naik busway besok pagi secara lebih efisien.

Pagi-paginya gue udah excited banget, gue berangkat dari halte kota sampe halte polda lalu jalan masuk ke SCBD sekitar 10 menit sampe di SemanggiExpo. Didepan gue lihat gede-gede spanduk perusahaan J yang go public. Wah nih perusahaan gede pasti banyak yang beli sahamanya nih. Didepan gue lihat udah ada kira-kira 20 orang yang ngantri, pikir gue ngapain pagi-pagi gini udah ngantri padahal kan palingan baru dibuka jam 9-an. Masuk ke dalam udah ada 2 orang yang nunggu, setelah berkenalan ternyata mereka anak Binus juga, V dan E, anak Akuntansi yang udah lulus dan lagi nyari kerjaan. Ngobrol dengan V dan kita semua yang ada disana bener-bener gak tahu satu pun tentang apa yang harus kita lakukan. Kita cuma bisa bayangin doank dan mengira-ngira.

Hampir jam 8, hal yang tak diduga terjadi, dalam waktu 5 menit, antrian yang tadinya cuma 20-an orang, tiba-tiba dipenuhi orang dengan pakaian seadanya turun dari metromini.Gue bisa melihat jelas karena dari tempat gue duduk itu kaca dan langsung menuju ke antrian itu Ternyata mereka semua adalah joki, can u imagine, gue jadi inget beberapa bulan lalu gue lihat antrian serupa di koran yang tadinya gue pikir mereka emang beli saham tapi ternyata mereka joki. Pertanyaan gue tentang 20 orang yang ngantri sejak jam setengah 7 itu terjawab sudah.

Jam 9, gue dipanggil ama ibu R untuk menjaga di depan stand yang membagikan form, tugas gue simple cuma meriksain KTP-nya kadaluarsa ato nggak lalu memberikan formulir dan menyuruh orang tersebut untuk menulis namanya dan tanda tangan. That’s it. Kedengarannya gampang, tapi nggak juga, banyak masalahnya tapi itu nanti gue bahas di postingan berbeda. Gue kerja sampe jam setengah 1, capek banget pungggung rasanya, 3 jam nonstop cuma begitu aja kerjanya. Abis makan lalu kembali lagi, kali ini kerjaannya hampir sama tapi kali ini masukin no.ktp + nama yang udah diterima ke komputer. Setelah pendaftaran selesai, kita semua masuk ke dalam untuk kerjaan lain. Salah satunya ya inputin form yang udah diproses nggak tahu berapa puluh tangan ke komputer. Nggak susah hanya perlu sedikit ketelitian walaupun nggak wajib karena bakal dicek lagi 3 kali. Hari ini gue hanya kerja sampe jam setengah enam, abis itu gue pulang.

Besokannya pekerjaannya nggak terlalu berbeda, pagi-pagi layanin orang, siang hari misahin form, sore hari gue inputin data, sampe jam 10-an malem ada beberapa orang yang masih disana, tapi gue ngikutin para newbie lainnya balik, lagian kerjaan juga udah dikit. Hari kedua gue dijemput karena busway udah ngak ada malem-malem. Udah ah kepanjangan nanti gue lanjut lagi

0 Comments: