Selasa, November 13, 2007

Lucu dan Sedih

Gue kemaren janji gue bakal cerita apa yang gue temui waktu gue kerja kemaren. Sekarang gue mau cerita , seat back and relax, udah siap….hehehe

Waktu gue disuruh melayani pembagian form, gue nggak nyangka kalo gue akan bertemu dengan orang-orang yang seperti ini. Jadi ceritanya sebelum membeli saham, u harus mengisi form yang tersedia untuk diisi, nah masih inget tentang joki itu kan yang jumlahnya 90 persen dari semua yang ngantri, nah mereka itu yang menimbulkan banyak kejadian-kejadian aneh. Job desc gue simple, kasih form, suruh tulis nama dan tanda tangan di form itu sesuai dengan ktp yang masih valid dan harus ktp orang yang bersangkutan, kejadian selanjutnya bener-bener gak gue duga sebelumnya.

Kejadian # 1

Kejadian kaya gini kebanyakan terjadi kalo clientnya nenek-nenek walaupun yang masih muda pun banyak.

Gue - Bu, ini formulirnya, tolong tulis namanya disini (sambil nunjukkin bagian di form)

Ibu - Hm..maaf de, tolong tulisin deh d, ibu ga bisa nulis..
soalnya dulu waktu masih muda udah dikawinin.

Gue - Ooh..ok (dalam hati gue kok jadi curhat yah bu…) gak pa-pa bu saya tulisin tanda tangan bisa kan bu ?

Ibu - Bisa.

Ibu itu ternyata bukan yang pertama dan terakhir, masih banyak yang kaya dia, dengan alasan yang kadang buat gue pengen ketawa tapi gak bisa, ada yang menggigil lalu gak bisa nulis, staf lain yang dibelakang gue nyeletuk, nggak bisa nulis kok mau beli saham. Ada juga yang begini

Gue - Ibu bisa menulis ?
Ibu - Bisa..bisa…

Lalu tuh ibu mulai nulis, gue lihatin tuh dia nulis apaan coba,
tulisannya parah banget kaya hierogliph, sama sekali gak berbentuk ,wah ini kalo diinput bakalan jereng mata data entrynya, akhirnya gue bantuin tulis.

Tapi yang buat gue kasihan dan masih keingetan sampe sekarang
adalah seorang cewek umur sma-an kira-kira 16-17an dan nggak bisa nulis. Tampangnya polos, karena nggak bisa nulis,
nyokapnya yang bantuin nulis, dia cuma diem disebelah
nyokapnya lalu waktu disuruh tanda tangan nyokapnya
pegangin tangannya sambil sedikit maksa untuk tanda tangan.
Kalo inget itu gue jadi sedih, gimana masa depannya kalo
baca-tulis aja gak bisa, bisa dibayangkan karena mereka miskin
jadi nggak sekolah. so..sad..

Kejadian # 2

Kejadian kedua ini bikin gue bener-bener gak nahan untuk ketawa.

Ibu - Ini KTPnya

Gue masukin namanya lalu nomor ktpnya ke komputer lalu
..jeng..jeng…jeng..NO KTP DOUBLE berarti sebelumnya udah pernah ngedaftar dan sekarang ngedaftar lagi.

Gue - Oh maaf bu, ini ktpnya udah didaftarin kemaren.

Di sekitar gue ada banyak anak-anak staff lainnya

Ibu - Oh..salah ktpnya ini ktp saya…

Apa yang dia lakukan saudara-saudara…
dia mengeluarkan KTP kedua… yang wajahnya sama dengan KTP pertama, it means dia punya 2 buah KTP dari daerah yang sama…Gubrak…

Salah seorang dibelakang gue nyeletuk….KTPnya banyak banget
bu..tuh ibu-ibu santai-santai aja

Kejadian # 3

Di hari kedua lebih banyak kejadian lucu, pas nerima ktp kadang kita harus melihat dan memastikan wajah yang ada di KTP sama dengan wajah aslinya. Kadang wajah ama foto di KTP itu gak sama.

Gue - Maaf mas ini KTP mas ?
Mas - Iya itu KTP saya
Gue - Namanya siapa yah…?
Mas - Ehm….

Polisi ama staff dibelakang gue membantu ceritanya

Polisi - Masa nama sendiri nggak tahu mas
Mas - Ada disana..(sambil nunjuk ktp yang dia bawa)
Gue - Iya sebutin aja, nama mas siapa
Mas - (Sambil senyam-senyum dan salting gitu)…lupa mas !
Gubraaak

Gue bener-bener nahan ketawa…nama sendiri lupa

Polisi - Nama sendiri lupa…??!@#

Semua orang yang ada di sekitar gue, partner sebelah gue,
polisi, staff yang ada di belakang semuanya ketawa abis

Tapi dia bukan yang pertama, ada lagi seorang ibu-ibu, pas udah ke gap…

Ibu - Sambil ketawa-ketiwi lalu…ehm..lupa siapa yah?

Polisi - Masak nama sendiri lupa buuuu

Gue - Maaf bu, nggak bisa ya, maaf

KTP itu gue balikin lagi, and guess what…
dia langsung lihat nama yang ada di KTP..teru nyamperin gue lagi

Ibu - Oh.iya nama saya si xxxxx…
Gue - Oh..maaf bu gak bisa…

Ya ilah udah terlambat lah bu…si polisi gak peduli, langsung
disuruh keluar. Semua yang ngantri jadi ikutan ketawa.

Kejadian # 4

Masih berhubungan dengan ’pembajakan ktp’, biasanya kalo wajahnya meragukan, kita harus menanyakan nama, tempat,tanggal lahir, alamat, rt/rw, dll untuk memastikan mereka bener pemiliknya walaupun ada kemungkinan mereka menghafal tapi lumayan banyak yang nggak menghafal. Kali ini si bapak wajahnya udah tua, sekitar 40-an tapi anehnya
di ktp itu tertulis 1984 berarti mustinya umurnya 20-an. Wah ini sih bukan ktpnya dalam hati gue.

Gue - Ini ktp bapak ?
Bapak2- Iya itu ktp saya (dengan nyolotnya)
Gue - Nama bapak?
Bapak2 - (dia nyebutin nama sesuai ktp )

Lanjut dengan alamat, tanggal lahir, rt/rw semuanya bener…

Lalu pertanyaan pamungkas gue keluar…

Gue - Ini ktp bapak atau ktp anak bapak?
Bapak2 - KTP anak saya

zzzzzzzzz

Jujur sih gue kasihan banget sama mereka itu, hanya karena
uang Rp. 25.000,- rela dateng jauh jauh dari daerah-daerah deket rumah gue sih sebenernya masih satu kecamatan, bela-belain sampe semanggi naik metromini mengharapkan uang yang nggak seberapa antri berjam-jam diomelin polisi di luar karena gak tertib, udah sampe didalam pun belum tentu dapet dengan alasan-alasan seperti yang gue tulis diatas. Ada nenek-nenek yang udah tua banget, tapi pas sampe KTP nya udah expired dan blom bikin ktp seumur hidup, ada yang jauh-jauh cuma bawa fotokopian, uh so sad ngelihatnya padahal mereka kan pasti udah berharap pulang bawa Rp.25.000 dari bandar itu. Ada juga yang bawa anak-anak, ngelihatnya gak tega tapi peraturan tetep peraturan harus ditegakkan. Antara lucu dan sedih ironis sekali….

0 Comments: