Senin, November 19, 2007

Marketing..Marketing..Marketing..

Kemaren waktu abis ngerjain skripsi di Perpustakaan, gue, Novi dan Sanny bertemu dengan seorang cewek dengan gaya mahasiswi membawa buku dan tas, bertanya sesuatu, gue nggak jelas soalnya yang ditanyain itu Novi. Lalu terdengar senyap-senyap menyebutkan kata 'pernah fitness?' WAH ELAH....ini sales fitness. Kok berani sampe merambah ke kampus sekarang. Dengan tampang lumayan, cewek next door gitu pasti bisa menarik banyak cowok-cowok di kampus hehehe....ternyata sales fitnes artis ini nggak mudah patah semangat, dia nawarin Novi yang malah ngajakin dia ngomong dengan nanya-nanya, gue ama Sanny yang super males langsung jalan aja.
Di lantai bawah, gue lihat seorang cowok ditawari oleh orang berbeda, cewek lumayan gitu gimana nggak bisa menarik cowok !!?! Buat petinggi Binus yang terhormat kalo baca blog ini, tolong yang kaya gitu ditertibkan !!

Marketing dari fitnes artis ini emang terkenal agak menganggu, beberapa waktu lalu Arief pernah diteleponin dengan mengatakan bahwa dia mendapatkan free membership dengan catatan dia harus ngasih nomor telepon teman lainnya, yang berarti teman dia yang lainnya telah memberikan nomor telephone si Arief untuk mendapatkan free membership lol. Untung gue nggak pernah.

Tapi pengalaman gue sendiri, kira-kira 2 tahun lalu waktu kita lagi kerja kelompok (lagi-lagi di kampus, kali ini di Food Court), kita disamperin seorang, eh 2 orang deh, yang mentah-mentah bohongin kita semua disana, awalnya dia bilang mau survey, abis ngisi kuesioner malah kita ditawarin untuk ikutan seminar BAH...dan mending kalo seminarnya di hotel bintang 7 (emang ada ya ?), gedung-gedung terkenal, ato kampus, mau tahu dimana ? APARTEMEN MEDITERANIA GAJAH MADA. Gila juga, seminar apaan yang diselenggarain di kamar apatemen, bayar pula 200K. Seminar apaan ! Sial menghabiskan waktu 30 menit hanya untuk diceramahin tentang kesuksesan dan menjadi pengusaha, kalo bisa bikin orang sukses napa situ masih naik motor dan ngadain seminar di Apartemen. Tapi salah seorang temen gue waktu itu berhasil membuat dia tutup mulut dan ngacir. Begini ceritanya.....

X : Pada tahu Beckham kan ?
Semua pada ngangguk dengan wajah asem yang ditekuk karena sebel dengan orang itu
X : Nah, dia itu contoh yang bagus buat kesuksesan, kalo dia nggak kerja keras, dia nggak bisa jadi pesepakbola terkenl seperti sekarang !
Dewa penyelamat kita akhirnya bersuara. Didiet
Didiet : Tapi saya pernah denger kalo Beckham itu emang struktur kakinya nggak biasa, jadi kakinya emang sangat membantu tendangannya jadi pisang mulu ! (yah kurang lebih kaya gitu jawabannya gue juga lupa)
Gue yakin dalam hati kita semua, ada beribu malaikat yang lagi loncat-loncat kesenengan mendengar jawaban Didiet.
X : Oh..iya hehehe (salah tingkah jadinya)
Setelah perdebatan selanjutnya antara orang itu dengan Didiet, orang itu akhirnya nyerah.
X : Ya udah kita juga gak mau berdebat, kalo tertarik nanti hubungin kita yah

Mereka kasih kartu nama...ooppss...salah kertas nama, jadi itu berupa kertas fotokopian dari print-an komputer yang digunting. Kita menerimanya dan....malaikat yang tadinya cuma lompat-lompatan sekarang jadi terbang sambil niup terompet kaya di film film :) lol Moga tuh orang nggak baca blog gue ini hahaha..gue masih inget nama tuh orang, keesokannya ada 1 kertas nama yang tersisa dan disebarkan ke seluruh kelas...hahaha

Marketing lainnya yang biasa ada yah apalagi kalo bukan Credit Card, bahkan yang gue tahu, sebuah bank luar negri A*N A**O yang marketingnya suck banget. Bukannya apa-apa kalo perusahaan lain make cewek cantik dengan rok 20 jari dibawah perut, kalo bank ini make cowok dan mending kalo cowok itu yang badannya fitness ato tampang model, tapi ini kaya asal nyomot, tampangnya aja serem-serem kaya preman. Lalu dia nawarin begitu orang-orang keluar dari hypermarket 'Perempatan' disebuah ITC dijakarta. Nyokap gue yang pernah ditawarin senyam-senyum sambil nanya feature, ya jelas lah dia makin bersemangat untuk jualan 'Ma...Ma..ckckck!?!'

Nah, marketing yang paling banyak ditemui di Jakarta sejak jaman dulu kala adalah marketing yang dilakukan oleh pedagang koran. Dia pamerin majalah dan koran lalu dibawa jalan keliling supaya pengendara mobil yang kena macet bisa melihat Preview Koran gratis. Gue selalu nyuri-nyuri lihat headline waktu lagi macet dijalan. Ya nyuri-nyuri, knapa ? Karena kalo gue perhatiin tuh koran ato majalah lebih dari 1 detik, tuh tukang majalah akan nyamperin lo disangkain pengen beli koran ato majalahnya, jadi setiap kali dilampu merah gue cuma lihat sekilas doank, cuma 1 detik waktu gue buat baca headlinenya, abis itu belagak lihat yang lain, tapi tetep aja kadang kecolongan ama tukang koran itu dan akhirnya harus menaikkan tangan tanda nggak mau beli. Gue heran kok matanya mereka ahli banget yah....(nb : gue tahu AA Gym pertama kali married lagi lewat cara 1 detik gue ini lho hahaha)

Udah ah capek tapi ada beberapa tips singkat yang bisa diterapan untuk menghindari marketing yang kaya gini :
Pasang wajah jutek, sangar kalo lagi lewat didepan toko, stand, ato kios yang u tahu bahwa pegawainya akan nawarin barang mereka yang u gak suka. Jangan pasang wajah senyam-senyum karena itu akan membuat mereka pikir lo tertarik akan beli barang mereka. Apalagi nanya-nanya ! Beh...
Jangan melirik lama-lama koran ato majalah yang ditawarin di tengah jalan kalo lo nggak mau disamperin ama tukang koran/majalahnya
Paling susah untuk menghindari diskon, buy one get one(free) apalagi untuk cewe, kalo yang ini ada yang bisa memberi solusi ? Nanti lanjut lagi deh, gak ada ide !

0 Comments: